Alumni Poltas Lulus CPNS

Politeknik Aceh Selatan – Pada Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Tahun 2018 yang lalu, Alumni Poltas lulus sebanyak 3 (tiga) orang yaitu Nuzul Fitri Edward jurusan Teknik Informatika lulus di Aceh Singkil, Ananda Maulida Hanafi jurusan Teknik Informatika dan Al Kausar jurusan Teknik Komputer lulus di Kabupaten Simeulue. Ketiga yang lulus merupakan alumni pertama. Tapaktuan, (16/1/19).

Pegawai Negeri Sipil (PNS) merupakan sebuah peluang untuk meniti karir sebagai pelayan masyarakat atau abdi negara, sering disebut dengan Aparatur Sipil Negara (ASN). Dewasa ini diberbagai daerah tertentu profesi sebagai PNS begitu diincar oleh masyarakat dan telah menjadi primadona dan pilihan utama oleh banyak orang. Bahkan anak-anak sekolah yang masih belum tahu banyak pada profesi ini bercita-cita menjadi PNS.

Menurut Humas Poltas Hasbaini, S.Pd., M.Pd, berkata, “Ketiga Alumni Poltas yang lulus CPNS, merupakan wujud kemampuan lulusan untuk bersaing dan berkompetisi untuk bisa diterima sebagai abdi negara dan itu tidak mudah”.

“Sebenarnya lulusan Poltas mempunyai berbagai skill dan keahlian, serta berpeluang untuk bekerja disektor lainnya cukup besar ataupun mandiri”. Kata Hasbaini.

“Semoga ketiga alumni Poltas yang dinyatakan lulus mampu mengemban amanah dan melaksanakan tugas sebagai abdi negara dengan baik, serta menjaga almamater kampus”. Pungkasnya

PNS dianggap sebagai pekerjaan yang sangat menjanjikan untuk masa depan dan adapun beberapa alasan mengapa banyak orang ingin menjadi PNS. Setidaknya ada berbagai kemudahan ketika menjadi PNS diantaranya, mempunyai jaminan hari tua, kemudahan di segi keuangan berupa tunjangan, berpenghasilan tetap, jaminan kesehatan, jalan-jalan ke luar negeri dan berkesempatan untuk mengabdi, serta mempunyai jenjang karir yang menjanjikan. ()

Poltas Mengadakan Pemilihan Raya

Politeknik Aceh Selatan mengadakan pemilihan Capres dan Wapres Poltas Periode 2019/2020. Acara dibuka oleh Wakil Direktur I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Nuzuli Fitriadi, ST , MT dan didampingi oleh Kabag. Kemahasiswaan Irwansyah, ST.,MT, Kabag Akademik Asmaidi, S.Pd., M.Si dan Humas Hasbaini, S.Pd., M.Pd. Tapaktuan, Jum’at (11/1/2019).

Pada kata sambutanya, Nuzuli Fitriadi mengatakan bahwa Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) merupakan corong penyampaian aspirasi mahasiswa melalui berbagai kegiatannya dan sekaligus Nuzuli membuka acara.

Sementara itu, Direktur Poltas Dr. Muhammad Yasar, S.TP., M Sc mengucapkan selamat melaksanakan pemilihan Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa kepada para mahasiswa.

“Semoga menghasilkan kepengurusan yang berintegritas penopang kerja harmoni raih prestasi menuju Poltas pantas berkualitas”. Kata Yasar.

Pada acara pemilihan ini, Nomor Urut 1 Hilmina dan Mutia memperoleh 84 suara, Nomor Urut 2 Alfin dan Kausar 32 suara dan Nomor Urut 3 Rafinda dan Serli 33 suara. Maka perolehan suara terbanyak jatuh kepada pasangan Nomor Urut 1 Hilmina dan Mutia resmi terpilih sebagai Presiden dan Wakil Presiden Mahasiswa Poltas Periode 2019/2020.

Sebagai lembaga menaungi elemen yang berada di institusi pendidikan, juga memiliki jalur koordinasi dengan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM).

Untuk menjaga kestabilan dan kebijakan yang sepihak hendaknya elemen tersebut dapat bekerja sama dalam pengambilan keputusan, maupun pencapaian visi dan misi Presiden Mahasiswa (Presma) terpilih dan semoga dengan terpilihnya kepemimpinan Hilmina dan Mutia, Poltas semakin dikenal masyarakat dengan berbagai karyanya dan lebih maju. ()

Dosen Politeknik Mengikuti Kegiatan Retooling ke Kanada

Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) tahun ini memberikan beasiswa retooling ke luar negeri kepada sekitar 150 dosen dari berbagai politeknik di Indonesia . Untuk tahap pertama, 22 dosen akan diberangkatkan ke Kanada. Mereka diberikan pembekalan di salah satu hotel di wilayah Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Kota Tangerang, pada Selasa (10/10).  Retooling ini merupakan bagian dari program revitalisasi pendidikan tinggi vokasi Kemenristekdikti.

Ke-22 dosen ini akan menempuh pendidikan di Memorial University of Newfoundland (MUN) yang terletak di Kota Saint John’s di Kanada. Ke-22 dosen tersebut berasal dari 9 politeknik dan satu akademi, yaitu Akademi Pelayaran Niaga Indonesia, Politeknik Aceh Selatan, Politeknik Maritim Negeri Indonesia, Politeknik Negeri Batam, Politeknik Negeri Bengkalis, Politeknik Negeri Jember,

Politeknik Negeri Pontianak, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya, Politeknik Pertanian Negeri Kupang, dan Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan

Kepala Subdirektorat Pengembangan Perguruan Tinggi Program Vokasi Sudarsono, yang memimpin acara ini menjelaskan apa yang dimaksud dengan retooling adalah meningkatkan keterampilan dosen vokasi melalui praktik langsung di industri.

“Kita sudah mulai persiapan dari bulan April dan sudah ditentukan September berangkat ke beberapa negara, seperti Kanada, Belanda, Australia, Austria, Jerman dan Swiss,” ungkap Sudarsono.

“Mereka mengajar di pendidikan vokasi. Mereka diberi penambahan keterampilan untuk meningkatkan kompetensi. Untuk tahun ini kita batasi untuk ketahanan pangan, ketahanan energi, dan konektivitas. Yang konektivitas mencakup transportasi dan maritim. Mungkin nanti tahun depan kompetensi kita dapat perlebar lagi,” jelas Sudarsono lebih lanjut

tom/rudsnow

Sumber : Link

Poltas Sukses Melaksanakan PHBD 2018 di Durian Kawan Kluet Timur

POLITEKNIK ACEH SELATAN – Himpunan Mahasiswa Teknik Industri Poltas mengadakan Pelatihan  Pembuatan Arang Tempurung Kemiri di Desa Durian Kawan, Kluet Timur dengan Program Hibah Bina Desa (PHBD) Tahun 2018 yang didanai oleh Ristekdikti. Tapaktuan, (19/10/18).

Kegiatan ini merupakan bentuk implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi dimana sebuah institusi pendidikan mempunyai tanggung jawab melaksanakan pengabdian, penelitian dan pembinaan kepada masyarakat disekitar kampus dengan melihat segala potensi yang dapat meningkatkan taraf hidup dan pendapatan penduduk setempat.

Acara dibuka oleh Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Kluet Timur, Muslih, SE, berkata, “Kami mengapresiasi kegiatan Poltas, dan baru ini mereka mengirimkan mahasiswanya ke Malaysia dalam rangka magang dan sebelumnya Poltas telah melaksanakan berbagai pengabdian”.

Muslih menambahkan, “Sekarang tiba dikampung kami dengan program PHBD”. Katanya, sekaligus membuka acara.

Hadir Kepala Desa Durian Kawan Hamka beserta Sekdes, Tuha Pheut, Ketua BUMG, Ketua Pemuda, Ketua Lorong, Polsek Kluet Timur, Bank Mandiri Cabang Tapaktuan, Anggota Kelompok Pelatihan, Ketua Prodi Teknik Industri Bakruddin, S.Si., MT dan Humas Poltas Hasbaini, S.Pd. M.Pd serta masyarakat.

Sementara itu, Kampus Poltas diwakili oleh Wakil Direktur I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Nuzuli Fitriadi, ST., MT.

Nuzuli memaparkan berbagai keuntungan dan mampaat dari tempurung kemiri sebagai arang alternatif dan sekaligus berterimakasih kepada masyarakat yang telah menerima pengabdian mahasiswa.

Program PHBD Poltas Tahun 2018 diketuai oleh Asbahrul Amri, ST., M.Sc bersama tim dosen dan mahasiswa yang telah melakukan berbagai tahap kegiatan.

Pada kesempatan ini, perwakilan mahasiswa, Yuli Marlina, berujar, “Kegiatan pelatihan ini akan mampu meningkatkan pendapatan masyarakat karena sebelumnya limbah tempurung kemiri dibuang begitu saja”. Katanya.

Kegiatan ini tentu berdampak positif bagi mahasiswa, dimana mereka melihat secara langsung potensi dan kondisi masyarakat dengan berbagai peluang ekonominya.

Disela kegiatan pelatihan, Ketua Kelompok Anggota Pelatihan, Zulkifli/Bilot berkata, “Kami berharap dengan kegiatan ini akan terus berlanjut dengan bentuk pembinaan dan pelatihan di berbagai program yang lain secara berkesenambungan”. Celotehnya.

Dengan suksesnya kegiatan pelatihan ini, semoga di tahun depan Poltas kembali memenangkan program serupa dengan bentuk kreatifitas yang lainnya, sehinga masyarakat benar-benar merasakan mampaatnya ketika Poltas hadir tengah mereka. ()

Magang di Malaysia Selesai, Selamat Datang Kembali ke Tanah Air

POLITEKNIK ACEH SELATAN – Mahasiswa Poltas kembali ke tanah air setelah melakukan magang perdana luar negeri di Fakultas Kejuruan Mekanikal Universiti Malaysia Pahang–UMP yang dimulai sejak tanggal 24 September dan berakhir tanggal 18 Oktober 2018. Tapaktuan, (18/10/2018).

Tentunya, kesepuluh mahasiswa yang dikirm ke kegiatan magang/internship ini telah memperoleh pengalaman selama kegiatan dan mereka mendapat pengetahuan, wawasan internasional, tantangan baru, mengenal budaya lokal, networking, sensasi belajar di luar negeri dengan universitas ternama dan keluar sementara dari rutinitas kampus sendiri, sehingga dengan internship ini mampu meningkatnya semangat belajar dan berprestasi.

 

Sementara itu, direktur Poltas Dr. Muhammad Yasar, S.TP., M.Sc mengucapkan, “Terimakasih kepada Fakultas Kejuruan Mekanikal-UMP yang telah memberikan yang terbaik buat anak didik kami”.

Kemudian, Yasar secara khusus berkata, “Terimakasih kepada Prof. Rizalman, Prof. Muhammad Shahrir, Dr. Januar dan Dr. Dandi serta seluruh pihak terutama Lembaga Peningkatan Sumber Daya Manusia-LPSDM Aceh yang telah membantu sehingga terlaksana kegiatan ini”. Imbuhnya.

Program internship bertujuan mempersiapkan para lulusan yang siap berdaya saing secara global dan bukan hanya memiliki kemampuan akademik semata, tapi harus dilengkapi dengan berbagai keahlian yang diperlukan di dunia kerja maupun industri. []

Direktur Poltas Hadiri Pelantikan dan Raker Pengurus HMI & Korps HMI-Wati Cabang Tapaktuan

POLITEKNIK ACEH SELATAN – Terpilihnya saudara Ihsan dan Irwandi Kamaruzzaman sebagai Ketua dan Sekretaris Umum Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Tapaktuan Periode 2018-2019 dan resmi dilantik oleh Wakil Bupati Aceh Selatan Tgk Amran di Gedung Perpustakaan dan Arsip Aceh Selatan, Tapaktuan, (15/10/18).

Dalam kata sambutannya, Wabup Tgk Amran menghimbau kepada seluruh kader HMI harus memperlihatkan jadi dirinya sebagai organisasi pengkaderan”. Diakhir pidatonya Amran mengajak para kader HMI dapat berperan aktif melanjutkan proses pembangunan menuju Aceh Selatan Hebat. Imbuhnya.

Setidaknya ada berbagai keuntungan dan mampaat ketika seorang mahasiswa aktif diberbagai kegiatan organisasi kampus diantaranya, pembentukan karakter, kepribadian, kepedulian sosial, pengabdian, penyuluhan, menumbuhkan kecerdasan sosial, mengembangkan khazanah berpikir, melatih mahasiswa untuk berpikir secara kritis, logis, dan analisis terkait berbagai isu yang berkembang di tengah masyarakat.

Kegiatan kemahasiswaan juga diselingi dengan diskusi tentang suatu masalah, hal tersebut secara tidak langsung menjadi sarana bagi mahasiswa untuk memunculkan kemampuan menambah pengetahuan, wawasan, relasi, menjalin silahturrahmi, kemampuan memanajemen waktu, peluang mendapatkan beasiswa dan mengisi waktu luang dengan aktivitas positif.

 

Sementara itu ketua panitia Jamiul Bako mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi pada kegiatan ini sehinga acara berjalan lancar dan sukses.

Turut hadir para undangan diantaranya kepala SKPK, Forkopimda, Akademisi, Kahmi, KNPI, Kader, OKP, Aktivis, Kader Lintas Organisasi, Badko Aceh, PB-HMI Kabid Politik, Awak Media dan para undangan lainnya.

Sementara itu, direktur Poltas Dr. Muhammad Yasar, S.TP., M.Sc melalui via medsosnya berpesan, “Semoga tercipta gerakan HMI yang berintrigritas menuju pembangunan berbasis moralitas”. Ujar mantan Ketua Kahmi Malaysia ini.

Umumnya organisasi kemahasiswaan focus pada pembinaan karakter kadernya dan salah satu bentuk konkret pembentukan watak para anggota organisasi kemahasiswaan biasanya melalui kegiatan pelatihan leadership yang disebut latihan dasar kepemimpinan (LK1) dan bertingkat.

Kegiatan organisasi kemahasiswaan lebih banyak positifnya, karena merupakan bagian dari proses pembentukan jadi diri mahasiswa itu sendiri dan mampu memberi warna sebagai agent of change setelah mereka dikembalikan ke tengah masyarakat. []

Mahasiswa Poltas Gelar Bioskop Film Aceh Dokumenter

POLITEKNIK ACEH SELATAN – Mahasiswa Poltas mengelar nonton bareng Flim Aceh Documentary Competition (ADC) yang disponsori oleh Yayasan Aceh Dokumenter (Aceh Documentary) yang merupakan sebuah wadah bagi anak-anak muda Aceh yang kreatif untuk kritis terhadap sebuah fakta peristiwa dan juga terhadap sebuah masalah yang sedang terjadi di masyarakat luas agar menjadi sebuah inspirasi perubahan melalui media film. Kegiatan ini diadakan di ruang aula kampus. Tapaktuan, (11/10/18).

Dalam kata sambutan pembukaan acara, Kabag Kemahasiswaan Irwansyah, ST., MT berkata, “Film dokumenter hasil karya mahasiswa Poltas telah memenangi berbagai event di tingkat provinsi dan dengan prestasi ini akan tembus nasional ”. Irwansyah menyemangati para calon pelaku seni kreatifitas muda Poltas.

Sementara itu, Safrijal yang juga mahasiswa Poltas tergabung dalam Tim ADC berkata, “Ada beberapa film yang masuk ke tahap finalis dan diantaranya mendapat juara seperti Corridor Harapan Satwa Liar (A film by: Alfiat Musa & Zajuli – ADC 2015), Ujian Negara (A film by: Putra Andiswan & Galang Rambuanarchi – ADC 2017), Memupuk Bencan (A film by: Yusuf Wiradinata & Hendra Yudilman – ADC 2017), dan dibawah Garis Penindasan (A film by: Safrijal & Ririn Sridarlianti – ADC 2018)”.

Safrijal menambahkan, “Kegiatan road show 2018 dengan pemutaran film generasi muda hasil kerjasama ADC dengan menyertakan sutradara junior film dari tingkat SMA/SMK dan perguruan tinggi se-Aceh”. Tutupnya.

“ADC mendapat special project untuk para junior dan telah mendapat fundingnya, ada 5 film yang lolos untuk diproduksi serta kami melakukan road show dari Aceh Besar sampai sebulussalam”, Kata Irza Tim ADC.

Kegiatan seperti ini berdampak positive bagi siswa dan mahasiswa melihat langsung realita tentang berbagai masalah sosial, politik, budaya, ekonomi, pertanian, lingkungan, dan pendidikan serta berbagai isu-isu lainya yang terjadi di tengah masyarakat yang harus segera mendapat perhatian dari berbagai pihak terkait dengan bentuk penyajian pesan informasi dan visual. ()

Mahasiswa Poltas Peduli Bencana Gempa dan Tsunami Palu-Donggala

POLITEKNIK ACEH SELATAN – Gempa dan tsunami telah melanda Kota Palu dan Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah pada Jumat, (28/09/18) yang lalu. Bencana ini telah menelan korban jiwa dan harta benda serta menimbulkan luka yang mendalam bagi rakyat Indonesia yang sebelumnya telah terjadi gempa dan tsunami di Aceh sekitar 14 tahun yang lalu yang merupakan bencana alam terbesar di era modern. Tapaktuan, (10/10/18).

Dengan rasa kepedulian dan empati terhadap derita masyarakat Palu, mahasiswa Poltas mengalang donasi untuk para korban bencana dengan turun ke beberapa titik ruas jalan protokol di Kabupaten Aceh Selatan, Provinsi Aceh.

Kegiatan ini di koordinator oleh Faisal Tanjung, menurut Faisal, “Kegiatan ini untuk meringankan beban saudara kita di Palu yang terkena musibah dan kami akan melanjutkan pengalangan donasi ke beberapa titik diantaranya Tapaktuan, Pasie Raja, Kota Fajar dan Bakongan”.

Faisal menambahkan “Kegiatan ini akan berlangsung seminggu dengan melibatkan mahasiswa perwakilan prodi yang ada dan donasi ini akan kami kirim ke Bank BRI No. Reg 2056-01-000365-30-2”. Kata Faisal.

Untuk pengalangan hari pertama sudah terkumpul Rp 2.247.100,- dan akan terus terkumpul setelah seminggu”. Timpal Faisal.

Sementara itu, “Memasuki hari ke-11 paska gempa dan tsunami Palu-Donggala, jumlah korban meninggal dunia yang berhasil diidentifikasi tercatat 2.010 orang. Selain korban meninggal, korban yang mengalami luka berat berjumlah 2.549 jiwa dan masih dirawat intensif di rumah sakit”. Kata Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho.

Sampai saat ini Tim SAR masih terus bekerja mencari korban dan kita berharap bencana nasional ini cepat berlalu dan masyarakat segera dipulihkan. ()

Mahasiswa Teknik Industri Praktek Mata Kuliah Survey dan Pemetaan

POLITEKNIK ACEH SELATAN – Mahasiswa sedang melaksanakan praktek pada Mata Kuliah Survey dan Pemetaan pada Prodi Teknik Industri yang diketuai oleh Bakruddin, S,Si., MT. Kegiatan praktek mahasiswa langsung dibimbing oleh Oktalia Triananda Lovita, S.ST.,MT yang merupakan dosen pengampu mata kuliah tersebut. Tapaktuan, (09/10/2018)

Visi Teknik Industri, ” Menjadikan program studi unggulan yang mencetak lulusan tenaga vokasi yang terampil dan berwawasan global serta mampu bersaing di tingkat nasional dalam bidang teknik industri tahun 2022″.

Dibawah kepemimpinan Dr. Muhammad Yasar, S.TP.,M.Sc, Poltas terus mengalang berbagai kerjasama berbagai pihak dan telah mengirimkan mahasiswanya ke Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya-PPNS dan Universiti Malaysia Pahang-UMP serta berbagai dunia usaha, badan, perusahaan dan industri yang bertujuan untuk menempa mahasiswa sehingga menghasilkan lulusan yang berkompotitif dan mendapat tempat di dunia usaha.

Poltas merupakan kampus pendidikan vokasi satu-satunya di Pantai Barat Selatan yang terus menyiapkan lulusannya sesuai dengan kebutuhan dan tuntutan dunia kerja serta industri menuju alumni yang mampu bersaing secara global menuju kemandirian. []

Direktur Poltas Juri Lomba Inovasi Pembenihan Tanaman Pangan Se-Aceh 2018

Politeknik Aceh Selatan – Sejumlah Kabupaten/Kota Provinsi Aceh ikut Lomba Inovasi Pembenihan Tanaman Pangan Se-Aceh. Kegiatan ini diinisiasi oleh Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh yang diadakan di Hotel Kartika Kota Langsa, (04/10/2018).

Kabupaten/Kota yang ikut berpartisipasi yaitu Aceh Selatan, Aceh Besar, Aceh Timur, Pidie, Aceh Tamiang, Aceh Singkil, Bireun, Nagan Raya, Pidie Jaya dan Aceh Jaya.

Adapun dewan juri pada kegiatan ini terdiri dari Dr. Muhammad Yasar, S.TP., M.Sc merupakan unsur akademisi yang juga direktur Politeknik Aceh Selatan, Habiburrahman, S.TP., M.Sc berasal dari unsur pemerintah dan Muhammad Amin, SP., MP dari masyarakat.

Keluar sebagai juara pada lomba ini adalah juara 1 Aceh Singkil, juara 2 Aceh Timur dan Juara 3 Aceh Tamiang. Para pemenang juga memperoleh tropi, sertifikat dan tiket umrah dan juara II dan III memperoleh uang pembinaan Rp 18 juta dan Rp 10 juta rupiah. Katagori persyaratan peserta lomba inovasi merupakan penangkar produktif dari Kabupaten/Kota dan hasil inovasi merupakan karya sendiri.

Para peserta lomba inovasi terdiri dari peserta aktif sebagai penangkar tanaman pangan se-Aceh, peserta pendamping dari dinas Kabupaten/Kota, dan peserta peninjau dari Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh.

Kegiatan ini bertujuan menstimulus para inovator/pegiat pertanian untuk terus mengembangkan berbagai inovasi teknologi di bidang pembenihan tanaman pangan untuk menyukseskan program ketahanan pangan nasional. ()