header-int

POLTAS MENANGI PROGRAM HIBAH BINA DESA DAN PROGRAM KREATIFITAS MAHASISWA

Senin, 04 Jun 2018, 14:33:14 WIB - 68 View
Share
POLTAS MENANGI PROGRAM HIBAH BINA DESA DAN PROGRAM KREATIFITAS MAHASISWA

Tapaktuan (25/5/18) - Didalam kehidupan berbangsa dan bernegara salah satu elemen pembangunan itu adalah mahasiswa, dimana setiap bangsa didunia ini mempersiapkan generasi muda dengan berbagai skill (keahlian) untuk mendukung proses dan adaptasi perkembangan dunia yang akan datang karena setiap era selalu berubah apalagi dengan teknologi saat ini yang melaju dengan pesatnya. Generasi yang memiliki multi talenta misalkan kecerdasan intelektual, emosional, spiritual dan kepekaan social akan mampu menjawab tantangan itu.

Direktorat Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kemristekdikti mempunyai program buat para mahasiswa di seluruh nusantara untuk secara bersama membangun desa, melalui Program Hibah Bina Desa (PHBD) tahun 2018.

Apa itu PHBD adalah kegiatan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa melalui Ikatan Organisasi Mahasiswa Sejenis (IOMS), Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan atau Lembaga Eksekutif Mahasiswa. Mahasiswa pelaksana PHBD melalui kegiatan seperti ini mengiatkan segala aktifitas di pedesaan yang mampu menumbuhkan rasa peduli dan melihat secara langsung keadaan masyarakat di pedesaan agar terbangun ekonomi kreatif, mandiri, berwirausaha. Tentu dengan keberhasilannya dapat meningkatkan kesejahteraan dan menemukan inovasi serta potensi yang baru di tengah masyarakat tersebut sebagai binaan kampus.

Terbangunnya pola pikir, kepedulian dan memberikan kesempatan mahasiswa seluas-luasnya untuk berperan aktif dalam pembangunan, melalui program pengabdian seperti ini yang meliputi pendidikan, pertanian, kesehatan, ekonomi, sosial budaya, dan lingkungan.

Adapun lingkup sasaran kegiatan PHBD adalah satu desa yang dapat dijangkau atau diakses dengan mudah oleh Ormawa perguruan tinggi pelaksana pada saat dan pasca pelaksanaan dengan rumusan tujuan dan terukur. Untuk memenangi program ini harus melalui beberapa tahap yaitu: Penilaian tahap I dilakukan untuk menilai pra-proposal (seleksi administrasi dan isi/konten), penilaian tahap II dilakukan untuk menilai proposal lengkap yang dilakukan melalui desk evaluation dan penilaian tahap III yang dilakukan melalui presentasi bagi proposal lengkap yang dinyatakan layak.

Untuk proposal yang didanai akan dilakukan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan yang dilakukan pada pertengahan pelaksanaan program. Kegiatan ini didampingi oleh Bapak Asbahrul Amri, ST.,M.Sc yang merupakan dosen di Kampus Politeknik Aceh Selatan dan kegiatan ini akan diadakan di desa Durian Kawan Kecamatan Kluet Timur Kabupaten Aceh Selatan. Progam PHBD 2018 kampus Poltas merupakan satu-satunya perguruan tinggi atau sekolah tinggi di provinsi Aceh yang menerima program tersebut dari Kementrian Menristekdikti yang dimenangkan Tim Himpunan Mahasiswa Teknik Industri.

Disisi lainnya Politeknik Aceh Selatan juga menerima program hibah dari Kementrian Menristekdikti yaitu program kreativitas mahasiswa yang disingkat dengan PKM merupakan pengembangan dari kegiatan alternatif mahasiswa yang merupakan salah satu usaha yang dilakukan Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DITLITABMAS) Ditjen Dikti untuk meningkatkan kemampuan mutu keahlian mahasiswa kelak kembali ke masyarakat, “tim PKM Politeknik Aceh Selatan yang dimenangkan oleh dua orang mahasiswa Teknik Industri dan satu orang Teknik Mesin”, ujar Bapak Asbahrul Amri, ST.,M.Sc yang merupakan dosen pendamping dan tim PKM Poltas lainnya. Sementara itu direktur kampus tersebut Bapak Dr. Muhammad Yasar, S.TP.,M.Sc sangat mengapresiasi atas dua capaian prestasi tersebut dan berharap kepada kepada dosen, dan mahasiwa terus mengali berbagai potensi yang ada untuk menuju kemandirian dan pengabdian, imbuh beliau.

poltas Politeknik Aceh Selatan
© 2016 - Tue-06-2018 Politeknik Aceh Selatan Follow Politeknik Aceh Selatan : Facebook Twitter Linked Youtube