header-int

Potensi SDA Aceh Selatan Belum Dieksplorasi

Minggu, 05 Mar 2017, 20:43:54 WIB - 213 View
Share
Potensi SDA Aceh Selatan Belum Dieksplorasi

Masih banyak potensi sumber daya alam (SDA) di Kabupaten Aceh Selatan yang belum dieksplorasi seperti emas, batu granit, marmer, tembaga dan biji besi, kata seorang anggota DPRK setempat. TAPAKTUAN, WASPADA Online

Masih banyak potensi sumber daya alam (SDA) di Kabupaten Aceh Selatan yang belum dieksplorasi seperti emas, batu granit, marmer, tembaga dan biji besi, kata seorang anggota DPRK setempat.

“Potensi sektor ini sangat menjanjikan untuk mempercepat pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat,” tambah Khairul Yacob ketika berbicara dari Banda Aceh, Minggu.

Dia mengatakan, sektor ini hendaknya mendapatkan perhatian serius dalam upaya membuka lapangan kerja dan meningkatkan pendapatan Penerimaan Asli Daerah (PAD).

Anggota dewan dari Partai Golkar itu mengharapkan dinas terkait melakukan terobosan agar potensi alam yang masih “duduk manis” tersebut dapat dikelola maksimal bagi peningkatkan PAD.

Pada masa Gubernur Syamsuddin Mahmud (1998), Pemerintah telah memberi izin Pertambangan Daerah (SIPD) eksploitasi marmer seluas 10 ribu ha kepada PT Meganindo Intisakti Jakarta.

Namun pasca reformasi ditambah konflik yang terjadi 1999, investor yang telah membangun kantor dan gudang di Kecamatan Samadua terpaksa “hengkang” karena tidak nyaman. “Hingga sekarang investor itu tidak pernah kembali lagi, padahal izin eksploitasinya sampai 2008,” katanya.

Kepala Kantor Penanaman Modal Daerah Aceh Selatan T Darisman membenarkan banyaknya potensi SDA daerah itu, namun sedikit yang baru dieksplorasi.

Selain batu granit dan marmer, juga masih banyak kekayaan alam lainnya di Aceh Selatan seperti emas yang berasosiasi dengan perak dan tembaga berasosiasi dengan gelena dan seng di gunung Simpang Desa Pinang Kecamatan Kluet Tengah.

Dia berjanji pemerintah daerah akan memudahkan dan membantu mempercepat birokrasi bagi investor yang akan menanamkan investasinya di daerah pesisir pantai barat selatan Aceh itu. (ant)

Sumber: Waspada

poltas politeknik
© 2017 Politeknik Aceh Selatan Follow Politeknik Aceh Selatan : Facebook Twitter Linked Youtube