header-int

Sejarah Politeknik

Posted by : Administrator
Share

Dengan telah dilaksanakannya Undang-undang nomor 22 tahun 1999 tentang Pemerintah Daerah, Pemerintah Daerah dituntut untuk mampu mengelola dan memanfaatkan sumber daya daerahnya secara optimal. Salah satu faktor penting  dalam menunjang daya saing pembangunan berbasis potensi daerah saat ini adalah pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Baik itu dalam mendukung pelayanan publik, sistem database, e-procurement maupun akses terhadap berbagai informasi baik oleh pemerintah maupun masyarakat.

Sebagai lembaga pendidikan vokasi yang didirikan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Aceh Selatan pada tahun 2010 dengan izin Mendiknas Republik Indonesia Nomor 167/D/O/2010, Politeknik Aceh Selatan (POLTAS) dituntut untuk mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) yang mampu menguasai teknologi dalam mendukung pembangunan pantai Barat Selatan Aceh yang meliputi 7 kabupaten dan 1 kotamadya. Program Studi Teknik Informatika, Komputer dan Mesin didirikan untuk menjawab permasalahan akan sumber daya manusia yang siap pakai tidak hanya dalam penguasaan teknologi tetapi juga peningkatan kemampuan bahasa terutama dalam mengisi Asean Free Trade Area (AFTA) dan berlakunya Masyaraket Ekonomi Asean (MEA).

Politeknik Aceh Selatan memiliki misi menjadi center of expertise (pusat keahlian) untuk mengumpulkan, mengolah serta mengembangkan teknologi dan ilmu pengetahuan. Transfer teknologi dan ilmu pengetahuan praktis menjadi program yang terbaik menuju target mampu bersaing di tahun 2025. Untuk mencapai misi tersebut, Prodi Teknik Informatika, Komputer dan Mesin dituntut mampu melaksanakan pendidikan yang mampu menyerap, menerapkan, mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang didukung oleh sarana dan prasarana yang memadai guna menghasilkan lulusan siap pakai yang mampu mendukung pembangunan daerah.

Untuk mewujudkan tujuan Politeknik Aceh Selatan dalam menyelenggarakan pendidikan vokasi untuk menghasilkan lulusan yang kompeten, memiliki semangat terus berkembang, bermoral, berjiwa kewirausahaan dan berwawasan lingkungan, maka Politeknik Aceh Selatan mengusulkan Program Hibah Program Pembinaan Perguruan Tinggi Swasta (PP-PTS) tahun 2017. Melalui program ini diharapkan mampu mengembangkan fasilitas pembelajaran pada prodi Teknik Informatika, Komputer dan Mesin melalu peningkatan kualitas pembelajaran dalam menghasilkan SDM siap pakai setingkat ahli madya yang menguasai dan mampu mengaplikasikan teknologi guna menunjang pembangunan di kawasan pantai barat selatan Aceh dan Indonesia secara umum serta mampu mendukung upaya peningkatan daya saing bangsa.

poltas Politeknik Aceh Selatan
© 2017 Politeknik Aceh Selatan Follow Politeknik Aceh Selatan : Facebook Twitter Linked Youtube