header-int

Struktur Organisasi

Posted by : Administrator
Share

Direktur:

Direktur sebagaimana dimaksud dalam Statuta Politeknik Aceh Selatan pada Pasal 14 angka 1menjalankan otonomi Perguruan Tinggi serta fungsi pengelolaan Politeknik Aceh Selatan untuk dan atas nama Yapoltas.

Direktur memimpin penyelenggaraan Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, membina dan mengembangkan Tenaga Pendidik, Mahasiswa dan Tenaga Kependidikan Poltas.

Untukmenjalankanfungsi,Direkturmempunyai tugasdanwewenang seperti yang tertuang pada pasal 16 ayat 1 sampai ayat 4 Statuta Politeknik Aceh Selatan.

Wakil Direktur:

Dalam melaksanakan tugas sehari-hari Direktur dibantu oleh 2 (dua) orang WakilDirekturyang bertanggung jawab kepada Direktur.

Wakil Direktur I mempunyai tugas membantu Direktur dalam memimpin pelaksanaan Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat.

Wakil Direktur II mempunyai tugas membantu Direktur dalam memimpin pelaksanaan kegiatan di bidang Administrasi Umum, Keuangan, Kepegawaian, Humas dan Kemitraan.

Menjalankanfungsi,Wakil Direktur Imempunyai tugasdanwewenang seperti yang tertuang pada pasal 19 ayat 1 statuta Politeknik Aceh Selatan.

Menjalankanfungsi,Wakil Direktur IImempunyai tugasdanwewenang seperti yang tertuang pada pasal 19 ayat 2 statuta Politeknik Aceh Selatan.

Senat Akademik:

Senat Akademik Politeknik Aceh Selatanmerupakanorganyangmenjalankanfungsipemberian pertimbangan dan melakukanpengawasan terhadap Direkturdalam pelaksanaan otonomi Perguruan Tinggidibidangakademik.

Dalammenjalankanfungsinya, Senat AkademikPoltasmempunyaitugasdanwewenangsebagimana yang tertuang dalam statuta Politeknik Aceh Selatan pada pasal 20.Dalammelaksanakantugasdan wewenang,Senat menyusunlaporanhasilpengawasandan menyampaikankepadaDirekturuntuk ditindaklanjuti.

Satuan Penjaminan Mutu Internal:

UnitSatuan Penjaminan Mutu Internal (U-SPMI) merupakan unsur pelaksana akademik dan nonakademik yang bertanggungjawab kepada Direktur.

UnitSatuan Penjaminan Mutu Internal mempunyai tugas mengkoordinasikan, memantau dan menjamin pelaksanaan kegiatan akademik, penelitian terapan dan pengabdian kepada masyarakat yang diselenggarakan oleh unit-unit pelaksana akademik di lingkungan Poltas serta ikut mengendalikan sumber daya yang diperlukan sesuai dengan standard mutu internal yang telah ditetapkan.

Unit Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat:

Unit Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (UPPM) merupakan unsur pelaksana akademik dan nonakademik yang bertanggung jawab kepada Wakil Direktur I.

UPPM mempunyai tugas mengkoordinasikan, memantau dan menilai pelaksanaan kegiatan penelitian terapan dan pengabdian kepada masyarakat.

UPPM dalam melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat menggunakan pendekatan multibidang, antarbidang dan lintas bidang dalam menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Bagian Administrasi Akademik:

Bagian Administrasi Akademik mempunyai tugas memberikan pelayanan dalam bidang administrasi akademik sertabertugas menyusun rencana, membagi dan melaksanakan tugas, memberi petunjuk dan menilai pelaksanaan tugas bawahannya di lingkungan bagian administrasi akademikPoliteknik Aceh Selatanberdasarkan ketentuan yang berlaku demi kelancaran pelaksanaan tugas Wakil Direktur 1.

Bagian Kemahasiswaan dan alumni:

Bagian Kemahasiswaan dan alumni mempunyai tugas memberikan pelayanan dalam bidang kemahasiswaan dan alumnisertabertugas menyusun rencana, membagi dan melaksanakan tugas, memberi petunjuk dan menilai pelaksanaan tugas bawahannyadi lingkungan kemahasiswaan dan alumniPoliteknik Aceh Selatan berdasarkan ketentuan yang berlaku demi kelancaran pelaksanaan tugas Wakil Direktur 1.

Bagian Kepegawaian dan Keuangan

Bagian Administrasi Umum, Kepegawaian dan Keuangan mempunyai tugas menyusun rencana, membagi dan melaksanakan tugas, memberi petunjuk dan menilai pelaksanaan kegiatan bawahan di lingkungan bagian administrasi umum dan keuangan, berdasarkan ketentuan yang berlaku demi kelancaran pelaksanaan tugas Wakil Direktur 2.

Bagian Asset dan Perlengkapan:

Bagian Asset dan Perlengkapanmempunyai tugas menyusun rencana, membagi dan melaksanakan tugas, memberi petunjuk dan menilai pelaksanaan kegiatan bawahan di lingkungan bagian aset dan perlengkapan serta melaksanakan urusan kerumahtanggaan dan perlengkapan serta kehumasan, berdasarkan ketentuan yang berlaku demi kelancaran pelaksanaan tugas Wakil Direktur 2.

Unit Pelayanan Mata Kuliah Umum:

Unit Pelayanan Mata Kuliah Umum (UP-MKU) merupakan pelaksana akademik di bidang mata kuliah umum.

UP-MKU mempunyai tugas melaksanakan pelayanan pendidikan dan pengajaran di bidang mata kuliah umum kepada semua Program Studi.

Unit Pelaksana Teknis:

UPT merupakan Unsur penunjang, perangkat kelengkapan di bidang Pendidikan, Administrasi, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat.Bertugas membantu Direktur dalam menjalin kerja sama dengan pihak luar baik pemerintah maupun pihak swasta, dan menjalankan fungsi pekerjaan sesuai dengan kompetensi unit usahanya. Dalam malaksanakan fungsinya kepala UPT bertanggung jawab kepada Direktur melalui Wakil Direktur 2.

 

Program Studi:

Dalam kegiatan pembelajaran, Program Studi diketuai oleh Ketua Program Studi, yang mempunyai tugas membuat beberapa kebijaksanaan agar tercapainya proses belajar mengajar dengan baik.

Ketua Program Studi bertanggungjawab terhadap terlaksananya kegiatan Program Studi, membuat program kerja tahunan (dana, kegiatan, bahan praktek, peralatan praktek, training, magang, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, kunjungan industri, dosen tamu dan seminar), melakukan evaluasi kemajuan studi mahasiswa dilingkungannya untuk kemudian dilaporkan secara berkala kepada pimpinan.

Ketua Program Studi mengkoordinir semua aktivitas Program Studi di bidang pendidikan, membuat laporan kerja akhir semester dan tahunan, menetapkan perangkat Program Studi seperti: Kepala Laboratorium, Instruktur dan Pembimbing Akademik dan selanjutnya diajukan kepada pimpinan untuk kemudian dikeluarkan SK penugasan, membuat jadwal perkuliahan dengan adil, membuat beberapa pedoman dan Standar Operasional Prosedur (SOP). Setiap akhir semester memaparkan nilai hasil yang dicapai mahasiswa dalam rapat koordinasi antara pengajar dan Program Studi serta membuat marksheet nilai. Selain itu tugas lainnya adalah memberikan laporan seluruh proses pembelajaran dan hasil pembelajaran Program Studi ke Forlap DIKTI melalui bagian administrasi akademik Politeknik Aceh Selatan.

poltas Politeknik Aceh Selatan
© 2017 Politeknik Aceh Selatan Follow Politeknik Aceh Selatan : Facebook Twitter Linked Youtube