Poltas Gelar Seminar Internasional Pertama di Aceh Selatan

POLITEKNIK ACEH SELATAN – Dalam rangka menyambut Ulang Tahun Aceh Selatan ke-73 dan satu windu berdirinya kampus, Poltas mengadakan Seminar Nasional Teknologi Rekayasa (SNTR) ke-5 dan 1st South Aceh International Conference on Engineering and Technology (SAICOET) di Gedung Pertemuan Rumoh Agam dan Hotel Dian Rana, Tapaktuan, Sabtu/Minggu (8-9/12/18).

Pemerintah Aceh Selatan yang diwakili oleh Tgk. Amran membuka acara dan turut dihadiri Forkopimda, Sekda H. Nasjuddin. SH.,MM, Para SKPK, Unsur Perbankan, Pengurus Yayasan Yapoltas, OKP, Dosen, Peneliti, Mahasiswa, PGRI, Masyarakat dan para nara sumber dari berbagai negara yaitu Malaysia, Thailand, Bangladesh, dan Ethiopia. Serta para undangan lainnya. 

Kegiatan ini terselenggara berkat bekerjasama dengan Universiti Malaysia Pahang (UMP), Kolej Universiti Politech MARA Malaysia (KUPTM) dan berbagai perguruan tinggi nasional seperti Unsyiah, UTU, STIMIK dan Lembaga Kajian Pembangunan Pertanian dan Lingkungan – Aceh.

Ketua Panitia SAICOET dan SNTR ke-V, Darma Setiawan mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia yang telah bekerja keras dan juga semua pihak-pihak yang ikut berpartisipasi demi suksesnya acara.

Sementara itu, Direktur Politeknik Aceh Selatan, Dr. Muhammad Yasar, S.TP.,M.Sc dalam sambutannya mengatakan, SAICOET dan SNTR itu merupakan kegiatan akademik yang sangat penting artinya bagi Poltas dalam rangka perwujudan Tri Darma Perguruan Tinggi, terutama dari aspek penelitian.

"Di mana untuk menyosialisasikan hasil-hasil penelitian, diperlukan wadah yang sekaligus menjadi sarana untuk saling sharing informasi, ilmu pengetahuan, dan teknologi dengan para akademisi dan ilmuan dari berbagai perguruan tinggi, baik lokal, nasional, bahkan internasional". Papar Yasar.

Selama ini, lanjutnya Politeknik Aceh Selatan telah berhasil menggelar seminar dalam skala nasional selama 4 tahun berturut-turut. "Untuk tahun ini, di samping tetap menjalankan even nasional, kita juga melaksanakan even internasional untuk pertama kalinya dan ini khusus didedikasikan untuk HUT Ke-73 Aceh Selatan dan HUT Ke-8 Politeknik Aceh Selatan". Ujarnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Aceh Selatan, Tgk Amran pada kata sambutanya, berkata, “Melalui forum seminar ini diharapkan menjadi forum untuk saling berdikusi dan pertukaran informasi antar para peneliti dan praktisi diberbagai negara dengan penerapan teknologi rekayasa”.

Amran menambahkan, “Dengan demikian diharapkan lahirnya gagasan baru yang sejalan dengan visi dan misi pemerintah daerah dan bermampaat sebagai masukan arah pembangunan yang berkelanjutan”. Paparnya.

Diakhir pidatonya Tgk Amran mengajak semua pihak untuk ikut secara bersama-sama membangun daerah dan sekaligus membuka acara seminar. ()

 

Share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *