POLTAS PAPAR INOVASI KETEL PALA DI SEMINAR NASIONAL

Banda Aceh – Lembaga Kajian Pembangunan Pertanian dan Lingkungan (LKPPL) Gelar Seminar Nasional di Aula Serbaguna Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Syiah Kuala. Kamis (20/06/2019).

Seminar Nasional ini bertemakan “Inovasi Teknologi Untuk Masyarakat” ini dihadiri 250 orang dan terkumpul 30 makalah dari berbagai perguruan tinggi seperti Universitas Syiah Kuala, Universitas Samudra, Universitas Abulyatama, Universitas Malikussaleh, STAIN Gajah Putih dan PT. Pertamina EP.

Acara Semnas dibuka oleh Wakil Rektor I Unsyiah Prof. Dr. Ir. Marwan.

Ketua panitia penyelenggara Mustaqimah, S.TP., M.Sc mengatakan kegiatan seminar kali ini mengusung tema tentang inovasi teknologi untuk masyarakat.

Menurutnya, banyak Inovasi teknologi yang telah dihasilkan namun tidak terkoneksi dengan masyarakat sebagai pengguna mampaat akibat kurangnya sosialisasi dan publikasi.

Sementara itu, Nuzuli Fitriadi, ST., MT hadir sebagai Invited Speaker yang juga Wadir I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Poltas, tampil dengan makalah Inovasi Ketel Pala.

Nuzuli memaparkan di hadapan peserta seminar, teknologi ketel yang akan digunakan pada sentra IKM Pala Meukek Aceh Selatan dirancang melalui penelitian selama 2 tahun (2017 s.d 2018) di Politeknik Aceh Selatan. Ketel hasil inovasi ini memiliki efisiensi energi sebesar 35% dengan waktu penyulingan lebih singkat 40%. Ketel juga dilengkapi dengan Boiler Water Tube (BWT) serta sistem kontrol temperatur, tekanan dan input air dalam boiler.

Lanjutnya, pengujian terhadap hasil minyak pala sudah memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI). Jelasnya.

Nuzuli berharap kepada masyarakat agar lebih terbuka menerima inovasi teknologi dan pemerintah agar lebih peduli terhadap produk-produk inovasi yang dikembangkan untuk meningkatkan daya saing, khususnya untuk inovasi ketel pala, dan ada dana riset yang berkelanjutan agar kualitas minyak pala selalu memenuhi standar dunia. Pungkasnya ()

Share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *