PRODI D-III TEKNIK KOMPUTER DIVISITASI TIM ASESOR AKREDITASI BAN-PT

Politeknik Aceh Selatan – Akreditasi merupakan aset penting untuk menetapkan posisi sebuah institusi perguruan tinggi atau program studi dalam tataran kompetensi pengelola serta merupakan barometer bagi pengguna produk sebagai program lembaga untuk memastikan lulusan yang berqualified. Tapaktuan, (11/03/19).

Dalam rangka pelaksanaan akreditasi tahun 2019, Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) melaksanakan asesmen lapangan terhadap Program Studi D3 Teknik Komputer Politeknik Aceh Selatan yang terdiri Ir. Irwan Thamrin, MT dari Politeknik Negeri Bandung dan Dr. Eri Prasetyo Wibowo dari Universitas Gunadarma.

Melalui Unit Penjamin Mutu (UPM) Poltas yang diketuai oleh Resky Rusnanda, ST., MT telah mempersiapkan visitasi bersama Tim Akreditasi Prodi Teknik Komputer yang mana bertanggung jawab berbagai hal diantaranya mengembangkan perangkat penerapan sistem penjaminan mutu melalui penyiapan kebijakan mutu di tingkat program studi, manual mutu, prosedur mutu, standar mutu, perangkat audit mutu, menerapkan sistem penjaminan, mutu secara berkesinambungan, konsisten, efisien, dan akuntabel, mengelola data dan informasi yang relevan dengan peningkatan mutu.

Kemudian menyusun dan memberikan rekomendasi kepada pimpinan perguruan tinggi tentang penjaminan serta peningkatan mutu, kemudian implementasi dari Tri Dharma Perguruan, termasuk layanan kepakaran., manajemen keuangan, sumber daya manusia, kepegawaian, administrasi, kemahasiswaan dan alumni.

Kemudian mengkoordinir pelaksanaan hibah kompetisi, termasuk asistensi dalam persiapan proposal, manajemen pelaksanaan, monitoring dan evaluasi, serta pengelolaan pelaporan, pertanggungjawabannya, memfasilitasi, pendampingan program studi dalam mempersiapkan dokumen, kemudian visitasi untuk pengajuan status akreditasi.

Serta melakukan pembinaan civitas akademika menyangkut kesiapan pelaksanaan sistem penjaminan mutu di unit kerja masing-masing dan melaksanakan audit mutu akademik internal, di lingkungan unit kerja pelaksana akademik terkait secara periodik dan terprogram.

Sementara itu, Ketua Prodi Teknik Komputer Herry Setiawan, S.ST., MT berkata, “Akreditasi sangat penting sebagai standar mutu program studi dan institusi serta kami akan terus berupaya meningkatkan mutu program studi teknik komputer agar menghasilkan program pendidikan, dan penelitian serta tata kelola yang baik”. Ujarnya

Herry mengucapkan terimakasih atas support dari semua tim akreditasi dan civitas akademika dan berharap asesmen lapangan ini memberikan hasil terbaik.

Jadi akreditasi sangat diperlukan untuk standar mutu institusi perguruan tinggi, dimana setiap lembaga harus bisa meningkatkan mutu dan daya saing terhadap lulusannya dan terjamin proses perkuliahan berjalan dengan baik, serta sebagai acuan memberikan informasi tentang kredibilitas sebuah lembaga dalam melakukan kegiatan edukasi sesuai standarisasi pemerintah sehingga berdaya saing dan terjaminnya mutu pendidikan itu sendiri.()

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of