Prodi D-III Teknik Mesin Politeknik Aceh Selatan Divisitasi Akreditasi Tim Asesor Ban-PT

Politeknik Aceh Selatan – Akreditasi merupakan penentuan standar mutu dan penilaian suatu lembaga pendidikan oleh lembaga independen. Akreditasi juga diartikan sebuah upaya pemerintah untuk menstandarisasi dan menjamin mutu alumni perguruan tinggi. Tapaktuan, (06/03/19).

Pada kegiatan visitasi ini, Tim Asesor terdiri dari Wiwik Purwadi, Dipl., Ing., MT., MT dari Politeknik Manufaktur Bandung dan Dr. Ir. Dwi Rahmalina, MT dari Universitas Pancasila. Pada visitasi ini, langsung disambut oleh Direktur Poltas Dr. Muhammad Yasar, S.TP., M.Sc dan didampingi Ketua Prodi Teknik Mesin Muhammad Anhar Pulungan, ST, MT berserta Tim Akreditasi Prodi D-III Teknik Mesin Politeknik Aceh Selatan.

Pada kesempatan ini, tim asesor memeriksa segala dokumen, fasilitas, ruang, sarana-prasana dan borang serta data-data terkait lainnya yang diperlukan dalam peroses akreditasi tersebut.

Sebelumnya, Lembaga Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) Kampus Poltas yang diketuai oleh Resky Rusnanda, ST., MT telah mempersiapkan visitasi akreditasi dengan baik.

Sementara itu, Humas Poltas Hasbaini, S.Pd., M.Pd menjelaskan bahwa akreditasi merupakan proses evaluasi dan penilaian secara komprehensif atas komitmen perguruan tinggi terhadap mutu dan kapasitas penyelenggaraan Tri Darma Perguruan Tinggi, untuk menentukan kelayakan program dan satuan pendidikan. Evaluasi dan penilaian dalam rangka akreditasi institusi dilakukan oleh team asesor yang terdiri atas pakar yang memahami hakikat pengelolaan perguruan tinggi.

“Perguruan tinggi yang sudah terakreditasi juga menjadi media informasi bagi para calon mahasiswa atau orang tua, pasar kerja, industri, lembaga, dan organisasi penyandang dana mengenai kualitas institusi serta lulusannya”.Ujarnya.

Hasbaini menambahkan, “mamfaat bagi perguruan tinggi yang bersangkutan, mereka akan mendapatkan informasi untuk lebih meningkatkan kualitas dan perencanaan akademiknya. Mereka juga akan lebih mudah menjaring kemitraan dengan institusi lain dari dalam maupun luar negeri dan tahun ini, kita optimis meraih Akreditasi B”.Pungkasnya.()

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of