Kembangkan Inovasi TTG, Poltas dan DPMG Aceh Selatan Teken Kerjasama

Tapaktuan, Poltas.ac.id | – Politeknik Aceh Selatan (Poltas) dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong (DPMG) Kabupaten Aceh Selatan menandatangani Memorandum of Understanding (Mou) pengembangan Inovasi Alat Teknologi Tepat Guna (TTG).

Kepala Dinas DPMG Kabupaten Aceh Selatan Hj. Agustinur, SH dan Direktur Poltas Ir. Nuzuli Fitriadi, ST, MT saat melakukan penandatanganan Mou di ruang rapat Poltas, Selasa (23/01/24)

Kerjasama tersebut ditandatangani oleh Direktur Poltas Ir. Nuzuli Fitriadi, ST, MT dan Kepala Dinas DPMG Kabupaten Aceh Selatan Agustinur, SH. yang berlangsung di ruang rapat kampus Poltas, Selasa (23/1/2024)

Adapun ruang lingkup kerjasama kesepahaman tersebut meliputi penyelenggaraan pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat, penyelenggaraan kegiatan ilmiah.

Kemudian, seminar, pelatihan dan lokakarya, peningkatan dan pengembangan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) melalui Pendidikan, dan Pengembangan riset Teknologi Tepat Guna (TTG).

Kepala Dinas DPMG Kabupaten Aceh Selatan Hj. Agustinur, SH mengatakan, melalui kerjasama dan kolaborasi ini akan menghasilkan berbagai Inovasi Alat Teknologi Tepat Guna (TTG).

Menurutnya, Inovasi dan kreativitas itu nantinya akan berguna kepada masyarakat.

“Kami dari DPMG Aceh Selatan siap berkolaborasi dengan penelitian mahasiswa dan dosen, termasuk pembiayaannya. Selanjutnya kita juga mendorong gampong-gampong di Aceh Selatan untuk melakukan berbagai inovasi TTG, berdasarkan asal domisili mahasiswa untuk dibantu dalam hal biaya penelitian mahasiswa terpilih melalui dana desa,” kata Agustinur, SH.

Sementara itu, Direktur Poltas Ir. Nuzuli Fitriadi, ST, MT berharap dengan kerjasama ini kedua lembaga mampu berkolaborasi dan bersinergi dengan berbagai kegiatan, serta berperan aktif dalam penelitian dan pengabdian masyarakat.

“Untuk langkah awal ini, kita akan menggelar lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna (TTG) tingkat mahasiswa. Di mana para juara nantinya akan kita kembangkan lagi menjadi lebih sempurna,”pungkasnya.

Berita ini telah di serambi Indonesia