Poltas Gelar Wisuda Mahasiswa Angkatan X dan XI

Tapaktuan, poltas.ac.id | Politeknik Aceh Selatan (Poltas) mewisuda 128 Mahasiswa Program Diploma D-III dari 4 Program Studi (Prodi) angkatan X dan XI. Terdiri dari Prodi Teknik Industri 21 orang, Prodi Teknik Informatika 38 orang, Prodi Teknik Komputer 52 orang dan Prodi Teknik Mesin 17 orang.

Kegiatan wisuda yang turut dihadiri Pj. Bupati Aceh Selatan Cut Syazalisma, S.STP diwakili Asisten III Setdakab, H. Halimuddin, SH.,MH berlangsung di Gedung Rumoh Agam, Tapaktuan, Kamis (1/2/2024).

Direktur Poltas, Nuzuli Fitriadi, ST.,MT, mengatakan wisuda ini merupakan sebuah momentum yang menandai perubahan status dari sebelum mahasiswa hingga hari ini menjadi ahli madya.

“Seiring dengan perubahan status ini berubah pula tanggung jawab yang saudara (mahasiswa-red) pikul,” kata Nuzuli dalam sambutannya.

Para wisudawan, kata Nuzuli, harus mampu menjadi inisiator dan motivator di daerah masing-masing dengan mengembangkan diri dengan tetap belajar baik dari buku dan internet maupun dari lingkungan masyarakat tempat tinggalnya, sehingga mampu menjadi pemuda pelopor di daerah masing-masing.

Asisten III Setdakab H. Halimuddin, SH, MH menyampaikan, diusianya yang telah menjelang 14 tahun, sebagai salah satu perguruan tinggi vokasi kebanggaan masyarakat di Pantai Barat Selatan Aceh, Poltas terus berbenah dan dituntut untuk mampu menjawab berbagai tantangan kemajuan zaman.

“Melalui inovasi-inovasi dengan memanfaatkan kemajuan teknologi yang dipadukan dalam kurikulumnya, kita telah mampu melahirkan generasi yang unggul sebagai aset masa depan yang berharga,” ujarnya.

Ia berharap agar para wisudawan dapat menjadi generasi intelektual yang mempunyai peran strategis untuk membawa perubahan di berbagai sektor pembangunan dengan pemikiran yang inovatif dan konstruktif.

“Mari kita wujudkan percepatan pembangunan di Kabupaten Aceh Selatan. Semoga ilmu yang diperoleh dapat berguna, tidak hanya bagi diri pribadi, namun juga bagi agama, bangsa dan negara,” tutupnya.

Kemudian Kepala Lldikti Wilayah XIII Aceh yang diwakili Bapak Maskur, ST., M.Pd Kepala Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Lldikti 13 Aceh dalam sambutannya mengatakan, melalui Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yaitu proses pembelajaran tidak cuma di kelas, tapi juga di luar kelas, sehingga setiap lulusan mempunyai pengalaman di luar kampus.

“Pendidikan tinggi mempunyai peranan penting dalam menyiapkan sumberdaya yang unggul sebagai tulang punggung inovasi, dan perguruan tinggi berkontribusi kepada Dunia Usaha dan Industri (Dudi).

Kegiatan ini dihadiri unsur Forkopimda, para Kepala SKPK, Pengurus Yayasan Politeknik Aceh Selatan, Senat dan beserta seluruh civitas akademika, wisudawan dan wisudawati bersama orang tua masing-masing. (*)