Ditjen Perkebunan dan Empat Kampus Sosialisasi Beasiswa Sawit 2024 di Aceh

Aceh Tamiang, Potas, ac.id | Direktorat Jenderal (Ditjen) Perkebunan Kementerian Pertanian bersama Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) serta empat kampus mitra melakukan sosialisasi beasiswa SDM Sawit 2024 di Aceh Tamiang, Selasa (14/5/2024).

Adapun keempat kampus mitra yang terlibat yaitu Politeknik Aceh, Politeknik Indonesia Venezuela, Politeknik Aceh Selatan dan Institut Teknologi Sawit Indonesia (ITSI) Medan.

Kegiatan ini bertujuan untuk menginformasikan tentang beasiswa sawit dalam rangka meningkatkan pengetahuan, keterampilan, sikap, kompetensi, kemandirian dan daya saing kepada sasaran yang diharapkan pada tingkatan pendidikan tinggi vokasi pada jenjang diploma dan sarjana.

Perwakilan dari Direktorat Perlindungan Perkebunan serta Tim Pokja dari BPDPKS, Herli Kurniawan dalam paparannya mengatakan bahwa sasaran dari beasiswa ini adalah pekebun, keluarga pekebun dan SDM lain di bidang perkelapasawitan.

Pada tahun 2024, ada 3.000 kuota beasiswa yang diberikan dengan fasilitas biaya pendidikan penuh, uang saku dan buku, transportasi dari rumah ke kampus mitra, kesempatan magang dan sertifikasi kompetensi serta biaya wisuda.

Seleksi Program Ditjen Perkebunan dan BPDPKS, 2021 Sudah Ada 4 Mahasiswa Dapat Beasiswa, Herli juga menyampaikan, ada sekitar 23 kampus mitra penyelenggara beasiswa sawit tahun 2024 di Indonesia, dan informasi terkait beasiswa ini dapat diakses secara online melalui website http://www.beasiswasdmsawit.id/.

Sementara Ketua Apkasindo Aceh, Sofyan Abdullah menyatakan mendukung program beasiswa SDM PKS yang dilaksanakan oleh Ditjen Perkebunan Kementerian Pertanian bersama BPDPKS.

“Kami berharap kepada kampus-kampus mitra bisa melayani anak-anak kami khususnya anak-anak petani sawit Aceh yang akan berkuliah di kampus mitra penyelenggara beasiswa sawit di Aceh,” harapnya.

Perwakilan kampus mitra yang hadir dalam sosialisasi, Direktur Politeknik Aceh, Dr Hilmi SE MSi menyampaikan bahwa kegiatan sosialisasi ini menjadi ajang penyampaian informasi serta pengenalan untuk masyarakat Aceh terkait tersedianya beasiswa SDM PKS untuk pendidikan di kampus vokasi Aceh.

“Saya menyampaikan terima kasih untuk Dirjen Perkebunan dan BPDPKS yang telah menetapkan Politeknik Aceh sebagai salah satu mitra kampus penyelenggara beasiswa sawit di Aceh,” ujarnya.

Turut hadir dalam kegiatan sosialisasi ini perwakilan dari Politeknik Aceh, Politeknik Indonesia Venezuela, Politeknik Aceh Selatan dan ITSI Medan, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Aceh, serta Perwakilan dari Dinas Perkebunan Aceh.(*)