Cendramata Rencong Batu Marmer Inovasi Teknik Industri Politeknik Aceh Selatan, Tembus Nominator API 2020

04-07-20 Humas Poltas 1 comment

Tapaktuan | Rencong, adalah senjata tradisional khas Aceh yang sudah terkenal berabad lamanya, kaum penjajah harus tunggang langgang ketika berhadapan dengan senjata sejenis pisau ini yang berfungsi untuk menikam musuh dari dekat dan menjadi senjata kebanggaan perwira-perwira kesultanan Aceh Tempo Doeloe. Sabtu 04/07/20.

Kini perang telah usai, senjata inipun berubah fungsi tanpa mengurangi kehebatannya di mata dunia. Bagi pelancong kerap bersusah payah untuk mendapatkan senjata khas Aceh ini untuk dikoleksi secara pribadi yang tentunya sudah dalam bentuk replika dijadikan cinderamata.

Dengan senjata khas ini pula, Kabupaten Aceh Selatan melalui dinas pariwisata Aceh Selatan mampu bersaing menjadi nominator Anugerah Pesona Indonesia 2020 bersama nominator lainya di sektor wisata air, Tapak Tuan Surf Camp.

Rencong Batu, begitulah namanya, merupakan mahakarya inovasi Politeknik Aceh Selatan, jika biasanya Rencong banyak terbuat dari bahan logam, Rencong batu ini sesuai namanya terbuat dari bahan batu marmer yang berasal dari Aceh Selatan.

Dibawah keuletan Asbahrul Amri, M.Sc yang merupakan dosen dan diasah oleh tangan terampil mahasiswa Teknik Industri Politeknik Aceh Selatan, batu-batu marmer tersebut diolah menjadi rangkaian senjata khas Aceh yang konon terinspirasi dari lafaz Basmalah itu.

Gayung bersambut, Cinderamata Rencong Batu Inovasi POLTAS ini pun dilirik dinas Pariwisata Aceh Selatan untuk didaftarkan menjadi nominator Anugerah Pesona Indonesia 2020 dibidang cinderamata bersama ratusan calon nominasi lainnya dari seluruh kabupaten di provinsi Aceh.

Pucuk di cinta ulam pun tiba, perjuangan dan dedikasi para pihak inipun membuahkan hasil, Rencong Batu buatan mahasiswa dan binaan dosen teknik Industri POLTAS ini lulus menjadi nominator di ajang nasional bersama ratusan nominator lainnya di kabupaten kota di Indonesia.

Rencong batu yang terbuat dari marmer berkualitas dari alam Aceh Selatan ini sudah beredar di beberapa daerah di Indonesia, bahkan luar negeri, hingga mejadi nominator Anugerah Pesona Indonesia 2020, perjuangan belum usai, dibutuhkan dukungan semua pihak agar kesempatan perdana untuk kabupaten Aceh Selatan ini untuk bersaing di tingkat nasional tidak sia-sia.

Direktur POLTAS Aceh Selatan, Dr. Muhammad Yasar, S.TP., M.Sc, berharap agar Rencong Batu tersebut tak hanya menjadi nominator, tapi mampu keluar sebagai juara dalam ajang tersebut, untuk itu ia mengajak agar masyarakat Aceh Selatan dapat mendukung untuk memenangkan kontes nasional ini.

“Alhamdulillah Aceh Selatan mampu masuk dalam nominasi Anugerah Pesona Indonesia (API) 2020 untuk dua kategori sekaligus yaitu kategori Cenderamata Rencong Batu dan kategori Wisata Air Surfing Samadua, semoga kita semua dapat memberi dukungan penuh terhadap kemajuan Pariwisata Aceh Selatan, kami mengajak agar masyarakat Aceh Selatan dapat andil dalam tahapan periode Pemungutan Suara yang akan dilaksanakan pada 1 Agustus hingga 31 Desember 2020 nanti, caranya ketik API 6F kirim ke 99386,” ajaknya.

Dr. Yasar juga mengapresiasi atas kinerja Dinas Pariwisata Aceh Selatan yang telah berjuang hingga kedua Nominasi tersebut tembus dalam ajang API 2020.

“Mari kita dukung bersama agar Pariwisata Aceh Selatan terus tumbuh, berkembang dan maju, apresiasi teristimewa kepada mahasiswa Teknik Industri Politeknik Aceh Selatan dan pihak media yang telah mengangkat produk ini ke permukaan,” pungkasnya.

Sumber: Liputan Rakyat. Com



Discussion

  • SAHRIZAL

    Mantap smoga sukses

    04-07-20 Reply

Leave a reply