Pantau Pandemi, Tgk. Amran Launching Penggunaan Aplikasi P-Covid-19 Buatan Poltas

28-04-20 Humas Poltas 0 comment

Tapaktuan | Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Aceh Selatan sekaligus Plt. Bupati Aceh Selatan, Tgk. Amran didampingi isteri beserta unsur Forkopimda Aceh Selatan secara resmi melaunching pemanfaatan aplikasi P-Covid19 untuk kegiatan pemantauan Covid-19 di wilayah kerja Kabupaten Aceh Selatan. Jumat, 24/04/20
Aplikasi ini merupakan inovasi sistem pemantauan covid-19 berbasis web dan android yang diciptakan oleh dosen Politeknik Aceh Selatan, Herry Setiawan melalui kolaborasi bersama IDI Cabang Aceh Selatan, Surveilens P2P Dinkes Aceh Selatan serta dosen UTU dan AKN Meulaboh.
Dalam pemaparan prinsip kerja aplikasi ini, Herry menyampaikan bahwa setiap pendatang yang berstatus sebagai pelaku perjalanan (PP) atau traveler yang datang dari daerah transmisi lokal atau yang sudah terjangkit Covid -19, Orang Dalam Pemantauan (ODP) atau Orang Tanpa Gejala (OTG), akan diinstalkan aplikasi ini oleh petugas admin di pintu masuk perbatasan atau di pusat Edukasi. Setelah itu aplikasi langsung dapat difungsikan dengan mudah.
Sementara itu, menurut Ketua IDI Aceh Selatan dr. Syah Mahdi, Sp.PD, penggunaan aplikasi ini akan membantu petugas medis untuk memantau kondisi klinis pasien tanpa harus kontak langsung, jadi inovasi ini sangat sesuai untuk diterapkan dalam rangka memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19 ini.
Kemudian Direktur Poltas, Dr. Muhammad Yasar, S.TP., M.Sc menyebutkan bahwa inovasi ini adalah bahagian dari peran aktif Poltas dalam upaya percepatan penanganan Covid-19 khususnya di Kabupaten Aceh Selatan.
Paska launching, Plt. Kadis Kesehatan Aceh Selatan Novi Rosmita, SE., M.Kes akan segera melakukan sosialisasi kepada jajarannya khususnya di puskesmas-puskesmas agar penerapannya menjadi lebih efektif. Menurutnya aplikasi ini sangat membantu bukan hanya dalam penanganan dan pencegahan tetapi juga dalam hal pelaporan.
Menurut Novi, aplikasi ini akan sangat membantu puskesmas dalam pemantauan ke depannya. Apa bila nanti pandemi corona ini berakhir aplikasi masih bisa dipakai untuk memantau pasien yang mempunyai penyakit kronis lainnya seperti TBC, Diabetes dan lainnya yang selalu meminum obat rutin.
Plt. Bupati Aceh Selatan dalam arahannya menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Politeknik Aceh Selatan atas peran aktifnya terutama melalui penciptaan inovasi ini. Semoga dengan upaya bersama ini kita dapat segera keluar atau terbebas dari pandemi covid-19 ini.
Turut hadir dalam acara tersebut Dandim Aceh Selatan, Sekda Aceh Selatan, Polres Aceh Selatan, Kejaksaan Aceh Selatan.
Sumber: Serambi Indonesia


Leave a reply