Plt. Bupati Aceh Selatan Tgk. Amran: Produk Madu Hutan Asli Buloh Seuma Resmi Sebagai Produk Unggulan Aceh Selatan

17-03-20 Humas Poltas 0 comment

Tapaktuan | Plt. Bupati Aceh Selatan, Tgk. Amran didampingi Wakil Ketua I TP-PKK Aceh Selatan Ny. Kailida S.Pd.I melaunching Produk Madu Hutan Asli Buloh Seuma, Kecamatan Trumon yang berlangsung di halaman Kampus Politeknik Aceh Selatan. Senin, 16 Maret 2020.

Adapun produk yang dilaunching yakni, Produksi Jaringan Madu Hutan Buloh Seuma (JMHB) Binaan USAID Lestari dan Politeknik Aceh Selatan. Acara tersebut turut dihadiri unsur Forkopimda, Direktur Poltas Dr. Muhammad Yasar, S.TP., M.Sc, Pengurus Yapoltas, Eha Juleha (Usaid Lestari), para kepala OPD, para Camat, Tokoh Masyarakat, Keuchik Abdul Manaf, anggota kelompok JMHB, Dosen, Karyawan dan para undangan lainnya.

Pada kesempatan ini, Plt. Bupati Aceh Selatan, Tgk. Amran pada sambutannya mengatakan, hutan yang masih utuh dan alami bisa menjadi ikon wisata Aceh Selatan, terkoneksi dengan berbagai bidang lainnya seperti meningkatkan ekonomi masyarakat. Beliau juga menegaskan kepada masyarakat Buloh Seuma untuk menjaga kelestarian hutan karena bila sudah rusak maka madu tidak berkembang dengan baik. Jelasnya. Menyinggung keterisoliran Buloh Seuma, dengan pembangunan jalan lintas Trumon – Singkil akan membuka keterbukaan daerah tersebut.

Anggota Kelompok Tani Jaringan Madu Buloh Seuma (JMHB) Trumon sedang mengikuti prosesi launching produk madu hutan di halaman Kampus Politeknik Aceh Selatan, Senin (16/03/20).

Kemudian, terkait penegerian Poltas, Pemda Aceh Selatan mendukung sepenuhnya program tersebut dan berharap kepada seluruh civitas akademika, alumni, pihak terkait untuk bersenergi membangun Poltas terus menglobal dan menjadi institusi pendidikan vokasi rujukan di pantai barat selatan. Katanya. Lanjutnya, dukungan dari berbagai pihak akan memudahkan segala proses yang sedang kita upayakan. Pada akhir sambutannya, Tgk. Amran melaunching sebagai produk madu hutan asli Buloh Seuma sebagai produk unggulan Aceh Selatan.

Kemudian Direktur Poltas Dr. Muhammad Yasar, S.TP., M.Sc mengatakan, kegiatan ini merupakan wujud dari pembinaan USAID Lestari dan Politeknik Aceh Selatan dengan berkaloborasi beberapa instansi seperti BKSDA Aceh dan Pendamping Desa Kecamatan Trumon.

“Saat ini Poltas sedang giat-giatnya berinovasi, salah satunya sedang diciptakannya alat pengusir hama tikus di areal pertanian, tentunya ini sangat membantu para petani kita”. Katanya.

Pada akhirnya pidatonya, Dr. Yasar meminta dukungan berbagai pihak atas pembinaan kelompok tani jaringan madu hutan JMHB kedepannya. (*)

Sumber : Serambi Indonesia



Leave a reply