Poltas Bina Kelompok Tani Madu Hutan Buloh Seuma

05-02-20 Humas Poltas 0 comment

Buloh Seuma – Untuk menjalankan salah satu Tri Darma Perguruan Tinggi, Poltas berkerjasama dengan USAID Lestari, BKSDA Aceh, Pendamping Kecamatan melakukan pembinaan kepada Petani Madu Hutan Buloh Seuma, Trumon Aceh Selatan, Sabtu 25/01/2020.

Pembinaan dan pemberdayaan ekonomi masyarakat berbasis lingkungan yaitu berupa hasil hutan bukan kayu merupakan hasil Kelompok Jaringan Madu Hutan Buloh Seuma (JMHB) Trumon, Aceh Selatan. Sementara itu, menurut Ketua Tim USAID Lestari yang membidangi pemberdayaan Kelompok Madu Hutan Buloh Seuma, Marzuki, S.HI mengatakan, pembinaan kelompok tani madu yang kita bina mulai perizinan, pembentukan kelompok, produksi dan pemasaran.

“Kami juga menggandeng Poltas sebagai mitra pembinaan dan pemberdayaan kelompok Tani Madu Buloh Seuma, sehingga kelompok tani ini akan terus berkembang nantinya”. Timpalnya.

Lanjutnya, setelah program pemberdayaan ini berhasil, maka hasil tersebut dikembalikan ke masyarakat. Tutupnya.

Kemudian, Humas Poltas Hasbaini, S.Pd., M.Pd yang juga sebagai utusan Poltas pada kegiatan pemberdayaan ekonomi masyarakat tersebut mengatakan bahwa sebagai institusi penyelenggara pendidikan tinggi mempunyai tanggung jawab untuk melaksanakan tri darma perguruan tinggi, salah satunya yaitu pengabdian.

“Pembinaan dan pemberdayaan ekonomi masyarakat yang kita lakukan saat ini adalah para petani madu hutan Buloh Seuma,Trumon – Aceh Selatan”. Timpalnya.

Lanjutnya, kegiatan pemberdayaan ini sangat positif, karena selain dapat meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat melalui hasil madu hutan dan ekosistem kawasan tetap terjaga. Pungkasnya. (*)



Leave a reply