Pada bagian ini dijelaskan struktur dan kerangka kurikulum 2019 Prodi Teknik Informatika meliputi kode mata kuliah, struktur kurikulum, bobot dan rangkaian mata kuliah.
No |
Profil Lulusan | Deskripsi Profil |
Deskripsi CPL |
1. |
Object Programmer |
Object programmer adalah seseorang yang terlibat dalam pembuatan aplikasi yang menggunakan pemrograman berorientasi objek. |
|
2. |
Website Designer |
Website designer adalah seseorang yang bekerja untuk mempersiapkan dan mengimplementasikan konten pada web. |
|
No |
Kode |
Capaian Pembelajaran |
1 | s1 | bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius |
2 |
s2 | menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika |
3 |
s3 | berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila |
4 |
s4 | berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa |
5 |
s5 | menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain |
6 |
s6 | bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan |
7 |
s7 | taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara |
8 |
s8 | menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik |
9 |
s9 | menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri |
10 |
s10 | menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan |
11 |
s11 | menunjukkan sikap saling percaya, saling melayani, dan menjunjung tinggi kesetaraan secara profesional. |
12 |
s12 | menunjukkan sikap jujur, luhur dan setia dalam menjalankan profesi dan pekerjaannya |
13 |
s13 | Menunjukkan prilaku yang sesuai dengan kode etik profesi |
No |
Kode |
Capaian Pembelajaran |
1 | P1 | menguasai konsep teoritis di bidang informatika khususnya dibidang teori pemrograman; |
2 |
P2 | menguasai pengetahuan tentang berbagai algoritma atau metode untuk memecahkan masalah |
3 |
P3 | menguasai pengetahuan dalam mengembangkan algoritma atau metode yang diimplementasikan dalam perangkat lunak berbasis komputer |
No |
Kode |
Capaian Pembelajaran |
1 | KU1 | mampu menyelesaikan pekerjaan berlingkup luas dan menganalisis data dengan beragam metode yang sesuai, baik yang belum maupun yang sudah baku; |
2 |
KU2 | mampu menunjukkan kinerja bermutu dan terukur |
3 |
KU3 | mampu memecahkan masalah pekerjaan dengan sifat dan konteks yang sesuai dengan bidang keahlian terapannya didasarkan pada pemikiran logis, inovatif, dan bertanggung jawab atas hasilnya secara mandiri |
4 |
KU4 | mampu menyusun laporan hasil dan proses kerja secara akurat dan sahih serta mengomunikasikannya secara efektif kepada pihak lain yang membutuhkan |
5 |
KU5 | mampu bekerja sama, berkomunikasi, dan berinovatif dalam pekerjaannya |
6 |
KU6 | mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya |
7 |
KU7 | Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mengelola pengembangan kompetensi kerja secara mandiri |
8 |
KU8 | mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi |
9 |
KU9 | mampu menggunakan teknologi informasi dalam konteks pengembangan keilmuan dan implementasi dibidang keahlian |
10 |
KU10 | mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi dan berwawasan global |
11 |
KU11 | Mampu melakukan pengelolaan tim dan berkomunikasi dengan baik secara lisan maupun tulisan |
No |
Kode |
Capaian Pembelajaran |
1 | KK1 | mampu menerapkan teori pemrograman dengan menggunakan tool yang tepat |
2 |
KK2 | mampu membangun program komputer untuk mengimplementasikan pemecahan masalah dengan memanfaatkan framework yang terkini |
3 |
KK3 | mampu bekerjasama untuk menghasilkan aplikasi skala kecil, menengah dan besar dengan mengadopsi konsep rekayasa perangkat lunak yang tepat |