Setelah Malaysia, Poltas Jajaki Kerjasama dengan Thailand

05-11-19 Humas Poltas 0 comment

     Politeknik Aceh Selatan – Dalam rangka penguatan dan pemantapan kualitas pendidikan, Politeknik Aceh Selatan (Poltas) terus meningkatkan upaya jalinan kerjasama dengan berbagai perguruan tinggi lainnya baik lokal, nasional maupun internasional. Kerjasama ini ditujukan untuk merespon tuntutan perkembangan dunia pendidikan yang mengharuskan terjadinya kolaborasi antar perguruan tinggi demi pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Senin  (04/11/19).

      Hal tersebut diungkapkan oleh Direktur Politeknik Aceh Selatan Dr. Muhammad Yasar, S. TP., M. Sc saat berkunjung ke Konsulat RI Songkhla Thailand dalam rangka penjajakan peluang kerjasama dengan Hatyai Technical College Thailand.

      Menurut Dr. Yasar, Poltas pada tahun ini inginkan kerjasama dengan Thailand setelah selama ini inten melaksanakan kerja sama dengan beberapa kampus di Malaysia. Tahun lalu, Poltas sudah menjalin kerjasama dengan Universiti Malaysia Pahang (UMP) dan Politek MARA Malaysia.

      Dari kerjasama tersebut Poltas telah melakukan berbagai kegiatan bersama seperti mengirim mahasiswa ke UMP, melakukan riset bersama, peningkatan kemampuan menulis jurnal ilmiah internasional dosen, serta melaksanakan seminar internasional perdana di Aceh Selatan. Tahun ini Poltas juga melaksanakan seminar internasional bersama pada Desember mendatang dimana Politek MARA sebagai tuan rumah.

      Kunjungan Yasar kali ini selain untuk membicarakan teknis pelaksanaan seminar internasional dengan Politek MARA juga untuk memperluas kerjasama dengan perguruan tinggi Malaysia yaitu Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM) dan Universiti Putra Malaysia (UPM). Melalui kerjasama yang terjalin tersebut tentu akan berdampak signifikan terhadap perbaikan mutu pendidikan di Kampus Politeknik kebanggaan masyarakat Barsela itu.

      Tujuan kerjasama Poltas dengan Hatyai Technical College Thailand ini direspon sangat baik oleh Minister Caunselor Fungsi Sosial Budaya Konsulat RI Songkhla, Samsu Rizal. Beliau menyambut baik rencana kerjasama tersebut dan siap menfasilitasi Poltas untuk menuju kerjasama yang saling menguntungkan antara kedua kampus tersebut.

       Menurut Samsu, Poltas harus mampu memanfaatkan peluang ini untuk kegiatan-kegiatan bersama yang saling mengisi dan melengkapi. Antaranya kerjasama penelitian, magang dosen dan mahasiswa, serta membentuk forum-forum ilmiah yang mampu mendorong pengembangan iptek. ()



Leave a reply