Terapkan Prokes, Poltas Kembali Wisuda Mahasiswa dan 20 Predikat Cumlaude

11-11-20 Humas Poltas 0 comment

Tapaktuan, Poltas.ac.id – Politeknik Aceh Selatan Kembali Menggelar Acara Wisuda Mahasiswanya. Adapun lulusan yang diwisuda yaitu mahasiswa angkatan ke VIII yang berasal dari 4 program studi yaitu Teknik Komputer sebanyak 46 orang, Teknik Informatika 46 orang, Teknik Mesin 23 orang, Teknik Industri 18 orang, dan secara keseluruhannya berjumlah 133 orang, serta 20 orang dengan predikat cumlaude dari berbagai program studi. Acara tersebut berlangsung di gedung Rumoh Agam Tapaktuan dengan protokol kesehatan (prokes). Rabu, 11/11/2020.

Sementara itu, direktur Poltas Dr. Muhammad Yasar, S.TP., M.Sc dalam sambutannya mengatakan, saat ini Poltas telah berumur sepuluh tahun, namun melalui dukungan semua pihak dan kerja keras, kampus telah mampu tumbuh dan berkembang mensejajarkan diri dengan kampus-kampus swasta lainnya yang terlebih dahulu lahir. Kiprah dan capaian dari aspek akademis, penelitian dan pengabdiannya kepada masyarakat dalam kontek implementasi tri dharma perguruan tinggi telah menempatkan kampus Poltas semakin diperhitungkan baik di level daerah, nasional bahkan mulai go internasional.

“Dalam bidang penelitian, dosen Poltas telah berhasil memenangkan berbagai hibah penelitian dari Kementerian Pendidikan/Ristek Dikti dan dalam tiga tahun terakhir terus menunjukan peningkatan, jika 2018 ada 8 hibah, maka di tahun 2019 dan 2020 ini masing-masing ada 14 hibah penelitian. Ini menunjukkan daya saing dosen kita di level nasional tidak perlu diragukan lagi. Kita sudah mengantongi 130 karya ilmiah selama 3 tahun terakhir dengan 11 hak kekayaan intelektual (haki)”, kata Dr. Yasar.

Wisuda Mahasiswa Poltas 2020 Angkatan VIII di Rumoh Agam Tapaktuan, Rabu 11/11/2020

Lanjutnya, walau ditengah krisis pandemi covid 19, Poltas masih dapat terus eksis dengan berbagai karya dan inovasinya berupa disinfectant chamber, aplikasi pantau covid berbasis android, hingga market digital yang mampu menginspirasi. Karya dan inovasi ini pula mengantarkan salah satu dosen terbaik saudara Herry Setiawan, MT dari program studi teknik komputer berhasil meraih inovasi award dari Pertamina EP dan LKPPL Unsyiah untuk kategori Innovator Covid 2020. Penghargaan ini juga diraih oleh rektor unsyiah dalam kategori yang berbeda.

Saat ini juga sedang viral-viralnya, salah satu produk unggulan yaitu rencong berbahan batu marmer/granit berhasil tembus menjadi nominator Anugerah Pesona Indonesia (API) 2020 untuk kategori cinderamata terpopuler nasional. Semoga dengan dukungan segenap lapisan masyarakat, rencong batu mampu meraih Juara API 2020. Cetusnya.

Kemudian Bupati Aceh Selatan Tgk. Amran dalam sambutannya mengatakan, Poltas selama ini telah berkontribusi dalam mentransfer ilmu dan teknologi yang melahirkan sumber daya insani yang professional, berkualitas, berintegritas serta berkarakter.

“Mari kita rubah paradigma, bukan mencari pekerjaan tetapi kita harus menciptakan lapangan kerja, kami berharap kepada alumni dapat mandiri dan berdikari untuk meraih masa depan yang lebih baik”, kata Bupati Tgk. Amran

Era globalisasi dan era informasi saat ini menuntut perubahan di segala sektor dan harus siap menghadapi gelombang revolusi 4.0 yang konsekuensinya pendekatan dan kemampuan baru sangat diperlukan untuk membangun sistem yang inovatif dan berkelanjutan. Pungkasnya.

Hadir Bupati Aceh Selatan Tgk. Amran, Ibu Kailida, S.Pd.I, Direktur Poltas Dr. Muhammad Yasar, S.TP., M.Sc, Ibu Syafrida Isnaini, S.TP (isteri direktur Poltas), Wakil Ketua DPRK Aceh Selatan Ridwan, A.Md, LLdikti Wilayah Aceh XIII, Pembina Yapoltas, Ketua Yapoltas Drs. Rasyidin, Sekretaris Yapoltas Mirjas Syahputra, S.Si, Pengurus Yapoltas, Dewan Pengawas Yapoltas, Dandim Letnan Kolonel Inf R Sulistiya Herlambang HB (diwakili), Kapolres Aceh Selatan Ardanto Nugroho, SIK.,SH.,MH, Kejaksaan Negeri Aceh Selatan, Mahkamah Syariah, Senat Politeknik Aceh Selatan, Pimpinan Perguruan Tinggi, Kepala Sekolah, SKPK, Pimpinan Perbankan, Civitas Akademika, Orang tua wali dan Wisudawan, serta Awak media. ()



Leave a reply